PENGURUSAN JENAZAH (Mengkafani sampai takziah)

Standar

TUGAS KELOMPOK

 

PENGURUSAN JENAZAH

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UIN ALAUDDIN MAKASSAR

2013

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I. PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Masalah

BAB II. PEMBAHASAN

  1. Pengurusan Jenazah
    1. Mengkafani Mayat
    2. Menyalatkan Mayat
    3. Menguburkan Mayat

BAB III. PENUTUP

  1. Simpulan
  2. Saran

DAFTAR PUSTAKA

 


KATA PENGANTAR

 

Segala puji bagi Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu, meskipun masih jauh dari kata sempurna. Shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW.

Dalam penyelesaian makalah ini kami berusaha untuk melakukan yang terbaik, namun kami menyadari bahwa kemampuan kami terbatas. Oleh karena itu, saran dan kritikan sangat kami harapkan guna penyempurnaan makalah kami ini.

Dengan selesainya makalah ini kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian makalah ini yang telah memberikan dorongan, masukan dan semangat.

Semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat bagi para pembaca dan masyarakat pada umumnya serta mendapat ridha dari Allah SWT. Amin

Wassalam

Makassar, Mei 2013

PENYUSUN

 

 

 BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.     Latar Belakang.

Agama Islam sebagai agama terakhir yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, untuk semua manusia telah mewajibkan bagi mereka saling hormat antar sesamanya, walaupun mereka berbeda etnis atau agama. Sikap saling hormat menghormati ini bukan hanya ketika manusia itu hidup, bahkan saat manusia itu pun mati. Karena menghormati seseorang yang mati sama halnya dengan menghormati manusia yang hidup. Rasulullah Saw, telah menunjukkan kepada kita bagaimana rasa hormatnya ketika mayat seorang yahudi berlalu dihadapannya, dan bagaimana beliau menyatakan rasa duka yang dalam ketika mendengar raja Najasyi (seorang raja yang beragama Kristen di Habasyah) meninggal dunia. Akan tetapi, lain halnya kewajiban kaum muslimin terhadap saudara-saudaranya yang sesama muslim yang meninggal dunia.

Mereka yang masih hidup mempunyai kewajiban terhadap hak-hak yang dimiliki oleh seseorang muslim yang meninggal. Bilamana kewajiban ini ditinggalkan dan tak seorang pun dari mereka memberikan hak-hak orang yang meninggal, maka semua orang muslim di tempat itu menanggung dosa. Kecuali, jika ada sebahagian atau seseorang yang melaksanakan hak-hak orang yang meninggal, maka gugurlah dosa bagi semua. Oleh karena itu, penulis ingin mempelajari mengenai hal tersebut dengan cara menulis sebuah makalah dan mengangkat judul”Penyelenggaraan Jenazah Bagi Umat Muslim”.

  1. B.     Rumusan Masalah.
  2. Bagaimana tata cara mengkafani jenazah?
  3. Bagaimana tata cara menshalatkan jenazah?
  4. Bagaimana tata cara menguburkan jenazah?
  5. Bagaimana ketentuan Takziah?
  1. C.      Tujuan Masalah.
  2. Mengetahui tata cara mengkafani jenazah
  3. Mengetahui tata cara menshalatkan jenazah
  4. Mengetahui tata cara menguburkan jenazah
  5. Mengetahui ketentuan Takziah

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.     MENGAFANI MAYAT

Hukum mengafani (membungkus) mayat itu adalah fardu kifayah atas orang yang hidup. Kafan diambil dari harta si mayat sendiri jika dia meninggalkan harta. Kalau ia tidak meninggalkan harta, maka kafannya menjadi kewajiban orang yang wajib member belanjanya ketika ia hidup. Kalau orang yang wajib membeli belanja itu juga tidak mampu, hendaknya di ambilkan dari baitul-mal. Jika baitul-mal itu tidak ada atau tidak teratur, maka hal itu menjadi kewajiban muslim yang mampu. Demikian pula keperluan lainnya yang bersangkutan dengan mayat.

Kafan sekurang-kurangnya selapis kain yang menutupi seluruh badan mayat, baik mayat laki-laki maupun perempuan. Sebaiknya untuk laki-laki tiga lapis kain; tiap-tiap lapis menutupi seluruh badannya. Sebagian ulama berpendapat bahwa salah satu dari tiga lapis itu hendaknya izar (kain mandi), sedangkan dua lapis lagi menutupi seluruh badannya.

  1. 1.     Cara Mengafani (Mayat Laki-Laki).

Dihamparkan sehelai-sehelai, dan di atas tiap-tiap lapis itu ditaburkan wangi-wangian, seperti kapur barus dan sebagainya; lalu mayat diletakkan di atasnya. Kedua tangannya diletakkan di atas dadanya, tangan kanan di atas kanan kiri; atau kedua tangan itu diluruskan menurut lambungnya (rusuknya).

عن عا ءشة كفن رسول الله صلى الله عليه وسلم فى ثلا ثة اثواب بيض سحولية من كرسف ليس فيها قميص ولا عما مة. متفق عليه.

Dari Aisyah, “Rasulullah Saw, dikafani dengan tiga lapis kain putih bersih yang terbuat dari kapas (katun), tanpa memakai gamis san serban.” (sepakat ahli hadits)

      Mayat perempuan sebaiknya dikafani dengan lima lembar kain, yaitu basahan (kain bawah), baju, tutup kepala, kerudung (cadar), dan kain yang menutupi seluruh badannya.

  1. 2.     Cara Mengafani (Mayat Perempuan)

Mula-mula dipakaikan kain basahan, baju, tutup kepala, lalu kerudung, kemudian dimasukkan ke dalam kain yang meliputi seluruh badannya. Di antara beberapa lapisan kain tadi sebaik-baiknya diberi wangi-wangian, misalnya kapur barus. Kecuali orang yang mati ketika sedang dalam ihram haji atau umrah, ia tidak boleh diberi harm-haruman dan jangan pula ditutupi kepalanya.

عن ليل بنت قانف قالت كنت فيمن غسل ام كلثوم بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم عند وفاتها وكن اول مااعطانا رسول الله صلى الله وسلم الحقأءثم الد رع ثمأالجما رثم ألملحفة ثم اد رحت بعد ذ لك فى الثوب الاخر. قالت ورسول الله صلى الله عليه وسلم عند الباب ومعه كفنها ينا ولنا ثوبا ثوبا. رواه أحمدوأبوداود.

Dari laila binti qanif. Ia berkata,“ia salah seorang yang turut memandikan Ummi Kalsum binti Rasulullah Saw. Ketika ia wafat yang pertama-tama diberikan Rasulullah Saw kepada kami adalah kain basahan, kemudian baju, tutup kepala, lalu kerudung, dan sesudah itu dimasukkan ke dalam kain yang lain (yang menutupi seluruh badannya). “kata Laila, “sedangkan Nabi berdiri di tengah pintu membawa kafannya, dan memberikannya kepada kami sehelai demi sehelai.” (HR. Ahmad & Abu Dawud)

Selain itu, kafan itu sebaiknya adalah kain putih bersih.

Sabda Rasulullah Saw.

البسوا من ثيا بكم البيا ض فانها خير ثيا بكم وكفنوا فيها موتاكم . رواه الترمذى وغيره.

“Pakailah olehmu kain putihmu, karena sesungguhnya kain putih itu sebaik-baik pakaianmu; dan kafanilah mayatmu dengan kain putih itu.” (HR. Tirmidzi & lain-lain).

  1. 3.     Menyempurnakan Pemakaian Kain Kafan.

Sabda Rasulullah Saw.

عن جا بر قال رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا كفن احدكم اخاه فاليحسن كفنه . رواه مسلم .

Dari Jabir, “Rasulullah Saw. Berkata,‘Apabila salah seorang dari kamu mengafani saudaranya, hendaknya kafannya dibaikkan.” (HR. Muslim).

Kafan yang baik maksudnya baik sifatnya, baik cara memakainya, serta terbuat dari bahaya yang baik. Sifat-sifatnya telah diterangkan, yaitu kain yang putih, begitu pula cara memakainyayang baik. Adapun baik yang tersangkut dengan dasar kain ialah, jangan sampai berlebih-lebihan memilih dasar kain yang mahal-mahal harganya.

Sabda Rasulullah Saw.

عن عل بن ابى طالب قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لاتغالوا فى الكفن فانه يسلب سريعا. رواه أبوداود.

Dari Ali bin Abi Thalib. Rasulullah Saw. Berkata, “janganlah kamu berlebih-lebihan (memilih kain yang mahal-mahal) untuk kafan karena sesungguhnya kafan itu akan hancur dengan segera.” (HR. Abu Dawud).

  1. B.     MENYALATKAN MAYAT

Sabda Rasulullah Saw.

صلوا عل موتكم. رواه ابن ماجه.

“Sholatkanlah olehmu orang-orang yang mati.”(HR. Ibnu Majah).

  1. 1.     Syarat-syarat Menyalatkan Mayat.
    1. Menutup aurat, suci badan dan pakaian, menghadap ke kiblat,.
    2. Dilakukan sesudah mayat di mandikan.
    3. Letak mayat itu di sebelah kiblat orang yang menyalatkan, kecuali kalau sholat itu dilaksanakan di atas kubur atau sholat ghaib.
  1. 2.     Rukun Menyalatkan Mayat.
    1. Niat, sebagaimana sholat lain.
    2. Takbir 4 kali dengan takbiratul ihram.
    3. Setelah takbir pertama membaca surah alfatihah,
    4. Setelah takbir kedua membaca sholawat Nabi Saw.
    5. Setelah takbir ketiga mendoakan mayat.
    6. Setelah takbir keempat sebelum salam mendoakan orang yang ditinggalkan (keluarga).
    7. Lafaz niat solat jenazah :
    8. a.  Lafaz niat solat jenazah lelaki secara persendirian :

اصلىي على هذ الميت اربع تكبيرات فرض كفاية لله تعالى

” aku berniat mendirikan solat ke atas jenazah ini dengan empat takbir fardhu kifayah kerana Allah Taala”

b. Lafaz niat untuk jenazah perempuan secara persendirian :

اصلي على هذه الميتة اربع تكبرات فرض كفاية لله تعالى

” aku berniat mendirikan solat ke atas jenazah ini dengan empattakbir fardhu kifayah kerana Allah Taala”

c. Lafaz niat untuk mayat lelaki bagi Imam.

اصلى على هذا الميت اربع تكبرات فرض كفاية اماما لله تعلى

” aku berniat mendirikan solat ke atas jenazah(lelaki) ini dengan empat takbir fardhu kifayah  menjadi Imam kerana Allah Taala”

d. Lafaz niat untuk mayat perempuan bagi Imam.

اصلى على هذه الميتة اربع تكبرات فرض كفاية اماما لله تعلى

” aku berniat mendirikan solat ke atas jenazah(perempuan) ini dengan empat takbir fardhu kifayah  menjadi Imam kerana Allah Taala”

e. Lafaz niat untuk mayat lelaki bagi Makmum

اصلي على هذا الميت اربع تكبرات فرض كفاية ماموما لله تعلى

” Aku berniat mendirikan solat ke atas jenazah(lelaki) ini dengan empat takbir fardhu kifayah  menjadi makmum kerana Allah Taala”
f. Lafaz niat untuk jenazah perempuan bagi Makmum

اصلي على هذه الميتة اربع تكبرات فرض كفاية ماموما لله تعلى

” aku berniat mendirikan solat ke atas jenazah(perempuan) ini dengan empat takbir fardhu kifayah  menjadi makmum kerana Allah Taala”

  1. Bacaan dan Doa dalam Solat Jenazah.
  1. Takbir yang pertama :kemudianmembaca

Allahu Akbaru (Allah Maha Besar).

Kemudian dilanjutkan dengan membaca Al-Fatihah :

b. Takbir yang kedua.

Membaca lafaz seperti pada takbir pertama, kemudian dilanjutkan dengan membaca selawat atas Nabi Muhammad s.a.w :

اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد كم صليت على سيدنا ابراهيم وعلى ال سيدنا ابراهيم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد كما باركت على سيدنا ابراهيم وعلى ال ابراهيم فى العالمين انك حميد مجيد

“Ya Allah! Berilah rahmat atas penghulu kami Muhammad s.a.w dan atas keluarganya sebagaimana Engkau telah memberi rahmat pada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah atas Nabi Muhammad s.a.w. dan atas keluarganya. Sebagaimana Engakau memberkati Nabi Ibarahim dan atas keluarganya. Pada seluruh alam. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia”.

c.       Takbir yang ketiga :

Selepas takbir yang ketiga hendaklah membaca doa untuk memohonkan ampun pada si mayit :

 

ا للَّهُمَّ ا غْفِرْ لَهُ وَ ا رْحَمْهُ وَعَا فِهِ وَأَكْرِ مْ نُزُ لَهُ وَوَسَّعْ مُدْ خَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِمَاءٍ وَثَلْجٍ وَبَرَدٍوَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَا يَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَأَ بْدِ لْهُ دَارًاخَيْرًامِنْ دَارِهِ وَأَ هْلاً خَيْرًا مِنْ أَ هْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرً ا مِنْ زَ وْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِوَعَذَابَالنَّارِ                                                                                     

Artinya:
“Ya Allah ampunilah ia dan berikan rahmat kepadanya, serta sejahterakanlah dan maafkanlah ia. Muliakanlah tempat kedatangannya dan luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkanlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana dibersihkannya kain yang putih dari kotoran. Gantilah ia dengan rumah yang lebih baik dari rumahnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah ia ke dalam Jannah dan lindungilah ia dari azab kubur dan azab Neraka.”

Atau sebagaimana yang terdapat di dalam riwayat Imam Abu Dawud, Imam Ibnu Majah dan Imam Al Baihaqi maupun yang lain:

“Allahummaghfir lihayyinaa wa mayyitinaa, wa syaahidinaa wa ghaa-ibinaa, wa shaghiirinaa wa kabiirinaa, wadzakarinaa wa utsaanaa. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘alal Islaam, wa man tawaffaitahu minnaa fa tawaffahu ‘alal imaan. Allahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa tudhilnaa ba’dahu.”

Artinya:
“Ya Allah ampunilah orang yang masih hidup maupun orang yang sudah mati di antara kami, orang yang hadir maupun orang yang tidak hadir di antara kami, orang yang masih kecil maupun orang yang sudah tua di antara kami, yang laki-laki maupun perempuan di antara kami. Ya Allah barangsiapa yang Engkau hidupkan di antara kami maka hidupkanlah ia di atas Islam. Dan barangsiapa yang Engkau wafatkan di antara kami maka wafatkanlah ia di atas iman. Ya Allah jangan Engkau haramkan (halangi) kami dari mendapat pahala (atas musibah kematian)-nya dan jangan Engkau sesatkan kami sepeninggalnya.”

Sedangkan apabila jenazah tersebut adalah anak kecil, maka mengucapkan doa:

“Allahummaj’alhu dzukh-ran liwaalidaihi wa farathan wa ajran wa syafii’an mujaaban. Allahumm tsaqqil bihi mawaaziinahuma wa a’dhim bihi ujuurahuma wa alhiq-hu bi shaalihi salafil mukminin. Waj’alhu fii kifaalati Ibraahiima wa qihi birahmatika ‘adzaabal Jahiim.”

Artinya:
“Ya Allah, jadikanlah ia sebagai simpanan bagi kedua orang tuanya, sebagai pendahulu, tambahan pahala, dan pemberi syafaat yang mustajab (bagi kedua orang tuanya). Ya Allah, beratkanlah timbangan kedua orang tuanya dengan sebab musibah kematiannya, perbesarlah pahala bagi keduanya, susulkanlah ia kepada orang-orang shalih dari salaf (pendahulu) kaum mukminin, masukkanlah ia ke dalam asuhan Ibrahim dan peliharalah ia dari azab Neraka Jahim.”

d.  Kemudian bertakbir yang keempat lalu mengucapkan doa:

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِ مْنَا أَ جْرَ هُ وَ لاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَاوَلَهُ

Artinya:
“Ya Allah jangan Engkau halangi kami dari mendapat pahala (atas musibah kematian)-nya dan jangan Engkau menguji kami sepeninggalnya.Dan ampunilah kami dandia”.

Selanjutnya yang terakhir adalah memberi salam dan palingkan ke kanan dan ke kiri.

  1. 3.     Beberapa Sunat Sholat Mayat.
    1. Mengangkat tangan pada waktu mengucapkan takbir-takbir tersebut (takbir 4x).
    2. Israr (merendahkan suara bacaan)
    3. Membaca a’uzu billah.
  1. 4.     Perempuan Menyalatkan Mayat.

Sebagian ulama memandang bahwa sholat perempuan atas mayat tidak dapat membayar fardu kifaya jika laki-laki masih ada. Akan tetapi ulama lain berpendapat bahwa sholat perempuab itu dapat embayar fardu kifayah karena sholat mereka sah. Pendapat yang kedua ini lebih sah dan kuat.

  1. 5.     Berjamaah.

Sholat jenasah disunnatkan berjamaah, dan hendaknya dijadikan tiga saf(baris). Sekurang-kurangnya satu saf terdiri atas dua orang. Maka jika yang sholat ada enam orang, hendaklah tiap-tiap saf terdiri atas dua orang agar dapat menjadi tiga saf.

Sabda Rasulullah Saw.

عن مالك بن هبيرة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من مومن يموت فيصلى عليه امه من امسلمين يبلغون ان يكونوا ثلاثة صفوف الا غفرله. رواه الخمسة الا النساء:

      Dari malik bin hubairah. Katanya Rasulullah Saw. Berkata,”Tiada seorang mukmin pun yang meninggal, lalu disholatkan oleh segolongan kaum muslim sehingga mereka mencapai tiga saf, kecuali diampuni dosanya.”(HR. lima ahli hadits selain Nasai).

  1. 6.     Mati Syahid.

      Yang di maksud dengan mati syhid ialah orang yang terbunuh dalam peperangan melawan orang kafir untuk menjunjung tinggi agama Allah.

Orang yang mati syahid itu tidak dimandikan, tidak disholatkan, dan cukup dikafani dengan pakaiannya yang berlumur darah itu.

عن جابر ان النبي صلى الله عليه وسلم امرفئ قتلى احد بدفنهم بدما ءهم ولم يغسلوا ولم يصل عليهم. رواه  البخارى.

Dari jabir, “Sesungguhnya Nabi Saw. Telah memerintahkan kepada sahabat-sahabatnya, bagi orang-orang yang gugur dalam peperangan Uhud, supaya mereka dikuburkan beserta darah mereka, tidak dimandikan dan tidak pula di sholatkan.”(HR. Bukhari).

Syahid terbagi tiga, menurut pembagian fiqhi:

  1. Syahid dunia dan akhirat, inilah syahid yang dimaksud pada penjelasan sebelumnya.
  2. Syahid dunia saja, yaitu orang yang mati dalam peperangan melawan orang kafir, tetapi bukan karena untuk menjunjung tinggi (membela) agama Allah, melainkan karena sebab-sebab yang lain, misalnya ingin mendapat harta rampasan, karena kemegahan, dan sebagainya.
  3. Syahid akhirat saja,mati teraniaya, mati terkejut, mati kena penyakit kolera, mati tertimpa oleh sesuatu, mati kebakaran, atau mati dalam belajar agama Allah (dalam mencari ilmu).

Sabda Rasulullah Saw.

عن ابى هريرة قال النبي صلى الله عليه وسلم الشهداء خمسة المطعون والمبطون والغريق وصا حب الهدم والشحداءفى سبيل الله.رواه الجخا رى ومسلم.

Dari Abu Hurairah, Nabi Saw, berkata, “Manusia yang mati syahid itu ada lima macam: (1) mati karena penyakit kolera, (2)mati karena penyakit perut, (3)mati karena tenggelam, (4)mati karena tertimpa barang berat, (5)mati dijalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. 7.     Membawa Jenazah ke Kubur.

      Sesudah mayat dimandikan, dikafani, dan disholatkan, lalu dibawa ke kubur, dipikul pada empat penjuru; berjalan membawa jenazah itu hendaknya dengan segera. Kemudian berjalan mengantarkan jenazah, hal ini merupakan suatu amal kebaikan. Tidak boleh mengikuti jenazah dengan perasapan, karena yang demikian itu merupakan perbuatan jahiliyah zaman bodoh sebelum islam) yang dicela agama islam.

عن ابى بردة قال اوصى ابو موس حين حضره الموت فقال لاتتبعوبحجمر قالوا اوسمعت فيه شيأ قال نعم من رسول الله صلى الله عليه وسلم.  رواه ابن ماجه.

Dari Abu Bardah, Ia berkata, “Abu Musa telah berpesan ketika ia akan mati. Katanya. ‘janganlah kamu mengantar saya dengan pedupaan’. Orang-orang bertanya,’pernahkah engau dengar hal itu?’Ia menjawab, ‘Ya, saya dengar larangan ini dari Rasulullah Saw.’.”(HR. Ibnu Majah).

Apabila seseorang melihat jenazah, hendaknya ia berdiri, meskipun mayat itu bukan orang islam.

عن جابر مرت بناجنازة فقام لها النبي صلى الله عليه وسلم فقمنا به فقلنا يا رسول الله انها جنازة يهودي قال اذارايتم الجنازة فقوموا.  رواه البخارى.

Dari Jabir, “Di hadapan kami telah lewat jenazah, lalu Nabi Saw. Berdiri, kami pun berdiri pula, lantas kami katakana kepada beliau bahwa jenazah itu jenazah seorang Yahudi. Beliau berkata, ‘apabila kamu melihat jenazah, hendaklah kamu berdiri.”(HR. Bukhari).

  1. C.      MENGUBURKAN MAYAT.

            Hukum menguburkan mayat adalah fardu kifayah atas yang hidup.dalamnya kuburan sekurang-kurangnya kira-kira tidak tercium bau busuk mayat dari atas kubur dan tidak dapat dibongkat oleh binatang buas, sebab maksud menguburkan mayat untuk menjaga kehormatan mayat itu dan menjagakesehatan orang-orang yang ada di sekitar lokasi pemakaman.

Lubang kubur disununatkan memakai lubang lahad, kalau tanah perkuburan itu keras, tetapi jika tanah perkuburan tidak keras, mudah runtuh, seperti tanah yang bercampur pasir, maka lebih baik dibuatkan lubang tengah saja.

Sesampainya di kuburan, kepalanya hendaklah di letakkan di sisi kaki kuburan, lalu diangkat ke dalam lahad atau lubang tengah dimiringkan kesebelah kanannya, dihadapkan ke kiblat (adapun kiblat yang dimaksud dengan kiblat sesudah mati ialah dalam lubang lahad). Ketika meletakkan mayat ke dalam kubur, disunatkan membaca :

بسم الله وعلى ملة رسول الله.  رواه الترمذى وأبوداود.

            Dengan nama Allah dan atas nama Rasulullah. (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

  1. 1.     Beberapa Sunat yang Bersangkutan dengan Kubur.
    1. Ketika memasukkan mayat ke dalam kubur, sunat menutupi bagian atasnya dengan kain atau yang lainnya kalau mayat itu perempuan.
    2. Kuburan itu sunat ditinggalkan kira-kira sejengkal dari tanah biasa.
    3. Kuburan lebih baik didatarkan dari pada dimunjungkan.
    4. Menandai kuburan dengan batu atau lainnya di sebelah kepalanya.
    5. Menaruh kerikil (batu-batu kecil) di atas kuburan.
    6. Meletakkan pelepah yang basah di atas kuburan.
    7. Menyiram kuburan dengan air.
    8. Sesudah mayat dikuburkan, orang yang mengantarkannya disunatkan berhenti sebentar untuk mendoakannya (memintakan ampun dan meminta supaya ia mempunyai keteguhan dalam menjawab pertanyaan malaikat).
    9. 2.        Larangan yang Bersangkutan dengan Kuburan.
      1. Menembok kuburan.
      2. Duduk di atasnya.
      3. Membangun rumah di atasnya.
      4. Membuat perkuburan menjadi masjid.
      5. 3.        Memindahkan Mayat.

Hukum membawa mayat dari negeri tempat meninggalnya untuk dikuburkan di negeri lain, sebagian ulama berpendapat bahwa hukumnya haram, karena dikhawatirkan akan merusak kehormatan mayat. Sebagian ulama berpendapat hal itu tidak ada halangan, asal terjaga dengan baik, karena asal okum sesuatu adalah harus (boleh), sedangkan tidak ada dalil yang mengharamkannya.

  1. 4.     Membongkar Kuburan.

Apabila mayat sudah dikuburkan, tidak boleh dibongkar (haram dibongkar) karena hal itu akan merusak kehormatan mayat,kecuali terjadi beberapa hal berikut: (1) mayat yang dikubur belum dimandikan, (2) tidak dikafani, (3) tidak dishalatkan, (4) tidak menghadap ke kiblat, (5) dikuburkan di tanah yang dirampas, sedangkan yang mempunyai meminta dikembalikan, (6) atau terjatuh sesuatu yang berharga ke dalam kuburan. Jika terjadi salah satu dari hal tersebut, kuburan boleh dibongkar selama mayat belum membusuk.

Tidak ada halangan membongkar kuburan yang sudah lama, asalkan mayat sudah hancur, berarti tulang-tulangnya pun sudah hancur. Untuk mengetahui berapa lamanya baru hancur, hendaklah ditanyakan kepada yang ahlinya, karena keadaan tempat tidak sama, bergantung pada keadaan tanah di tempat itu, kering atau basah.

  1. 5.     Ta’ziah (Melayat)

Melayat ahli mayat (keluarga mayat) itu sunat dalam tiga hari sesudah ia meninggal dunia, yang lebih ialah sebelum dikuburkan. Yang dimaksud dalam melayat itu ialah untuk menganjurkan ahli mayat (keluarga mayat) supaya sabar, jangan berkeluh-kesah, mendo’akan mayat supaya mendapat ampunan, dan juga supaya malapetaka itu berganti dengan kebaikan.

Sabda Rasulullah Saw:

عن اسا مة قا لت ارسلت احدى بنات رسول الله صلى الله عليه وسلم تد عوه وتخبره ان ابنا لها فى الموت فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم لرسول ارجع اليها فاخبر ها ان الله مااخذ وله ما اعطى وكل شيء عنده بأ جل مسمى فمرها فاتصبرولتحتسب. رواه البخارى ومسلم.

Dari Usamah, Ia berkata, “Seorang anak perempuan Rasulullah Saw. telah memanggil beliau serta memberitahukan bahwa anaknya dalam keadaan hamper mati, Rasulullah Saw. berkata kepada utusan itu, ‘kembalilah engkau kepadanya, dan katakana bahwa segala yang diambil dan yang diberikan – bahkan apa pun – kepunyaan Allah. Dialah yang menentukan ajalnya, maka surulah ia sabar serta tunduk kepada perintah’.”(HR. Bukhari dan Mushlim).

 

  1. 6.     Sabar

                  Keluarga yang ditinggalkan hendaklah sabar atas kedukaannya, serta menyerahkan halnya kepada Allah.

 

  1. 7.     Memberi Makan Ahli Mayat

Kaum kerabat, tetangga, sahabat, hendaklah memberi makan keluarga (ahli) mayat karena mereka sedang dalam keadaan kalutm belum sempat mengurus makanan mereka.

Sabda Rasulullah Saw:

عن عبيد الله بن جعفر قال لما جاء نعى جعفر حين قتل قال لنبي صلى الله عليه ؤسلم  اصنعوا لا ل جعفر طعا ما فقد اتا هم ما يشغلهم.  رواه ا لخمسة إلا النساء.

Dari Ubaidillah bin Ja’far. Ia berkata, “Tatkala datang kabar meninggalnya Ja’far karena terbunuh, Rasulullah Saw. Bersabda, ‘Buatkanlah olehmu makanan untuk keluarga Ja’far, karena mereka sedang menderita kesusahan (kekalutan)’.” (HR. lima orang ahli hadits, kecuali Nasai). 

Yang dimaksud dengan kiblat sesudah mati ialah dalam lubang lahad.

Itulah yang disyariatkan dalam agama islam, bukan sebagaimana yang biasa dilakukan di Indonesia; semua tetangga, sahabat yang dekat atau yang jauh, keluarga, teman, dan orang sekampung datang beramai-ramai berkumpul di rumah ahli mayat untuk makan-makan, dan ahli mayat terpaksa menyediakan makanan yang bermacam-macam, biarpun sampai menghabiskan harta peninggalan si mayat. Bahkan kalau kurang, hartanya sendiri juga dihabiskan. Kadang-kadang orang yang datang di tempat kematian itu sepanjang hari tidak perlu berbelanja lagi karena keperluannya sudah ditanggung oleh orang yang sedang bersedih dan berduka cita karena kehilangan keluarga yang dicintainya. Selain dari perayaan pada hari matinya itu, diadakan pula”selamatan”untuk makan-makan pada hari ketiga dari hari meninggalnya, hari ketujuh, kesepuluh, keempat puluh, seratus dan seterusnya. Kesedihan itu selalu diperbaharui, dan kerugian selalu ditambah-tambah. Semua itu hukumnya haram tidak diizinkan oleh agama islam, lebih-lebih kalau ahli mayat itu ada yang belum sampai umur (belum baliq).

عن جرير بن عبد الله البجلى قال كنا نعد الاجتما ع الى اهل الميت وصنعة الطعام بعد د فنه من النيا حة.  رواه أ حمد وابن ما جه.

Dari Jarir bin Abdullah Al-Bajali. Ia berkata, “berkumpul-kumpul pada ahli mayat serta membuat makanan sesudah mayat dikuburkan, kami anggap sebagian dari meratap (sama hukumnya dengan meratap, yaitu haram).” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

 

            Jika kita merenungkan lebih jauh serta kita pikirkan dengan pikiran yang sehat dan tenang, alangkah sedihnya ahli mayat, sesudah ia kehilangan keluarganya (salah satu dari keluarganya), selain itu harta dihabiskan pula. Kalau tidak mengikuti kehendak adat, ia tercela di mata kaum adat yang berpikiran tidak sehat itu.

  1. 8.     Ziarah Kubur.

                  Laki-laki disunatkan menziarahi kubur. Adapun bagi perempuan di makruhkan, karena tabiat perempuan lemah hati dan lekas susah, maka dikhawatirkan akan mencucurkan air mata dan akan berkeluh-kesah serta berdukacita sehingga lupa akan kekuasaan Allah Saw.

Orang-orang yang menziarahi kubur disunatkan member salam kepada ahli kubur dan mendo’akan mereka (meminta ampun dan memintakan keselamatan ahli kubur).

 

    BAB III

PENUTUP

  1. A.     Simpulan

      kita hidup di dunia ini pada akhirnya akan meninggal juga. Untuk itu sebelum kita menghampiri yang namanya kematian, baiknya kalau ada persiapan terlebih dahulu. Seperti amal perbuatan baik tentunya. Seseorang yang telah meninggal mempunyai tahap-tahap seperti pengkafanan, menyalati, menguburkan dan takziyah. Setelah itu manusia sudah tidak mempunyai urusan di dunia lagi kecuali amal ibadahnya selama hidup di dunia dan orang-orang yang selalu mendoakannya.

  1. B.     Saran

Hidup di dunia tidaklah abadi, semua yang hidup akan mati. Persiapan yang baiklah yang akan menjamin kita kedepannya. Sebelum urusan di dunia kita selesai maka gunakanlah waktu yang sebaik-baiknya. Orang yang juga meninggal memerlukan bantuan kita untuk menyelesaikan urusannya di dunia seperti pengkafanan hingga waktu takziyah. Jadi, betapa pentingnya kita harus mengetahui tata cara tersebut secara tertib dan baik.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Rasjid, sulaiman. Fiqh islam (hukum fiqh), Bandung; Sinar Bandung Algensindo,2011.
  2. Abdurrahman, Abdullah. 2011. Shalat Jenazah Disertai dengan Tata Cara Mengurusnya. At-Tibyan.
  3. http//:Pengurusan jenazah.com

 

Satu tanggapan »

Tinggalkan komentar